Mengenal Jenis- Jenis KPR

Mengenal Jenis- Jenis KPR

  • afif
  • Jul 21, 2017
  • PROPERTI UMUM

KPR adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. KPR menjadi salah satu alternatif untuk masyarakat yang ingin memiliki rumah akan tetapi urung mampu membeli secara cash/ kontan. KPR sendiri merupakan fasilitas pembiayaan yang ditawarkan oleh bank, yang memungkinkan masyarakat membeli rumah dengan pinjaman dari bank. Kebanyakan masyarakat berpikir bahwa KPR hanya satu jenisnya. Akan tetapi kenyataanya KPR memiliki beberapa jenis. KPR yang ditawarkan bank pun bermacam- macam dan memiliki prinsip yang berbeda- beda. KPR ada yang dibedakan berdasarkan agunannya dan ada yang dibedakan berdasarkan persyaratan penerima pinjaman dan tingkat suku bunga. Untuk lebih jelasnya, berikut jenis-jenis KPR yang ada di Indonesia.

baca juga : 

Beli Apartemen Second? Pertimbangkan Hal- hal Berikut

AJAIBNYA, HARGA PROPERTI TIDAK PERNAH TURUN

Memilih Apartemen dan Faktor- Faktor Pertimbangannya

KPR berdasarkan agunannya, dibedakan menjadi 2 yaitu:

  1. KPR Pembelian, merupakan jenis KPR yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. KPR jenis ini digunakan untuk membeli rumah dan menjadikan rumah yang yang akan dibeli sebagai agunan.

  2. KPR Multiguna atau KPR Refinancing, merupakan jenis KPR yang dapat diajukan kembali untuk mengambil kredit kepada pihak kreditor dengan jaminan yang sudah dimiliki (rumah). KPR ini dapat juga disebut sebagai sistem penilaian ulang rumah yang telah dibeli dengan menggunakan KPR pembelian.

Sedangkan KPR berdasarkan persyaratan penerimaan pinjaman dan tingkat suku bunga, dibedakan menjadi:

  1. KPR Konvensional. KPR ini yang paling banyak diketahui oleh masyarakat. KPR konvensional, atau juga disebut KPR non-subsidi disediakan oleh hampir seluruh bank dengan persyaratan dan bunga yang berbeda-beda.

  2. KPR Bersubsidi, adalah KPR yang disediakan oleh bank sebagai bagian dari program pemerintah. KPR ini hanya dikhususkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Oleh karena itu, uang muka dan suku bunga yang ditawarkan rendah.

  3. KPR Syariah, adalah jenis KPR yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan KPR non-subsidi hanya saja prinsipnya berdasarkan pada syariah Islam. Prinsip yang digunakan adalah jual beli. Besarnya cicilan tidak terpengaruh oleh suku bunga, namun sudah ditambahkan margin keuntungan yang diambil oleh bank.

  4. KPR Take Over, adalah fasilitas yang diberikan oleh bank untuk memindahkan KPR yang telah berjalan di bank lain ke bank yang dituju. Keuntungan yang akan didapatkan nasabah jika mengajukan KPR ini adalah berupa tambahan limit pinjaman.

Itulah beberapa jenis KPR di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Sebenarnya masih ada beberapa jenis KPR lainnya, namun keenam KPR tersebut di atas yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Semoga bermanfaat. 

artikel terkait : 

Rumah Baru Cantik Siap Huni Di Seputaran Maguwo Jogja Utara

RUMAH DAN KOS ASRI AREA KOTAGEDE JOGJA

- Rumah 2 Lantai dekat UGM Jl.Kaliurang KM 5 Dalam Ringroad

_____________

sumber : 

rumahpantura.com'

yukbisnisproperti.org

Comments