Ada Kerusakan Saat Menyewa Rumah, Tanggung Jawab Siapa ?

Ada Kerusakan Saat Menyewa Rumah, Tanggung Jawab Siapa ?

Bagi yang belum mampu membeli rumah, orang biasanya memutuskan untuk menyewa rumah terlebih dahulu sambil mengumpulkan uang untuk membeli rumah. Menyewa rumah juga biasanya lebih meringankan beban penyewa karena segala fasilitas yang mereka butuhkan biasanya sudah disiapkan oleh pemilik rumah. Jadi, penyewa hanya tinggal menempati saja. Namun bagaimana jika suatu ketika ada kerusakan saat menyewa rumah pada rumah yang ditempati oleh penyewa? Apakah penyewa harus melakukan ganti rugi? Siapakah yang seharusnya mengganti?

Dalam sewa-menyewa rumah, perjanjiannya sudah diatur dalam Undang-Undang Hukum Perdata yaitu Pasal 1548 sampai Pasal 1600 KUHPer. Dalam UU tersebut juga diatur hak dan kewajiban masing-masing baik penyewa maupun pemilik rumah. Pasal 1562 hingga 1566 KUHPer menjelaskan mengenai kewajiban dari sang penyewa. Ketika jangka sewa sudah habis, pihak penyewa memang berkewajiban untuk mengembalikan kondisi rumah seperti semula. Dalam hal ini, apabila ada kerusakan saat menyewa rumah, misalnya genteng bocor akibat hujan, maka penyewa wajib merenovasinya atau mengembalikannya ke keadaan semula.

Sebagai dasarnya, inilah isi Pasal 1562:

“Jika antara pihak yang menyewakan dan pihak yang menyewa telah dibuat suatu pertelaan tentang barang yang disewakan, maka pihak yang belakangan ini wajib mengembalikan barang itu dalam keadaan seperti waktu barang itu diterima menurut pertelaan tersebut kecuali yang telah musnah atau berkurang harganya sebagai akibat dari tuanya barang atau sebagai akibat dari kejadian-kejadian yang tak disengaja dan tak dapat dihindarkan.”

Dari pasal tersebut di atas berarti dapat disimpulkan bahwa pihak penyewa wajib bertanggung jawa atas kerusakan saat menyewa rumah yang timbul saat masa sewa berjalan. Dan tidak berlaku apabila penyewa bisa membuktikan jika kerusakan tersebut di luar kesalahannya. Lalu bilamana jika kerusakan diakibatkan oleh teman atau saudara penyewa? Maka pihak penyewa-lah yang harus tetap saja harus melakukan ganti rugi.

Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati saat menyewa rumah. Jaga fasilitasnya dengan baik. Segera lakukan perbaikan jika ada yang rusak agar Anda tidak merugi nantinya. Semoga sedikit artikel mengenai kerusakan saat menyewa rumah ini bisa bermanfaat.

sumber : 

yukbisnisproperti.org

jasasipil.com